Total Tayangan Halaman

Kamis, 24 Februari 2022

Project 2.1 Administrasi Sistem

 

PERANAN SEORANG ADMINISTRATOR SISTEM BAGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS PAPUA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kembali lagi dengan saya Candra Darmawan. Apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Okay. Kali ini kita akan membahas salah satu topik yang spesifikasinya mengacu pada administrator di Universitas Papua. Kita akan membahas sinkronisasi peranan administrator jaringan di Universitas Papua dengan kualitas pelayanan kemahasiswaan Universitas Papua. Dan tentu, ini menjadi opini saya secara pribadi. Langsung saja kita masuk pada opini. Let’s check it!!!.

A.  Opini Pribadi Terkait Peranan Seorang Administrator Sistem Bagi Peningkatan Kualitas Layanan Kemahasiswaan Universitas Papua

Opini saya yang pertama, saya melihat seorang administrator di Universitas Papua memegang sebuah peranan penting atau vital dalam mengontrol komunikasi atau interaksi seluruh mahasiswa/i di Universitas Papua. Artinya bahwa, ada pergeseran dari model hubungan interaksi konvensional menuju interaksi secara modern (menggunakan kemajuan teknologi). Menurut saya, ini adalah peningkatan layanan yang diakibatkan oleh kinerja dari administrator terlebih kinerjanya sangat berguna di masa pandemi ini yang menuntut komunikasi secara online.

Opini kedua, administrator yang bekerja di Universitas Papua memegang peranan penting dalam menjaga informasi yang sifatnya privasi. Informasi disini berkaitan dengan akun yang berisi data pribadi seluruh mahasiswa/i Universitas Papua. Sederhananya, data-data pribadi seluruh mahasiswa/i Univesitas Papua, dikelola oleh administrator dan wajib hukumnya untuk dijaga supaya terhindar dari kebocoran data. Untuk itu, administrator diharapkan membuat salinan data yang bertujuan memback up data bila dibutuhkan. Menurut saya, ini adalah sebuah peningkatan layanan dari seorang administrator sehingga user dalam hal ini mahasiswa/i tidak perlu khawatir terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Opini ketiga, administrator yang bekerja di Universitas Papua memegang peranan penting dalam memberikan kenyamanan mahasiswa/i untuk bisa menggunakan layanan penunjang aktivitas perkuliahan yang tersedia. Contoh, layanan yang ditawarkan seperti E-learning dan Sim UNIPA. Kedua layanan ini dikelola oleh kelompok administrator. Sim Unipa dikhususkan untuk melayani mahasiswa dalam pemberian informasi akademik secara umum, pengurusan KRS dan KHS, informasi mata kuliah yang ditawarkan setiap jurusan, dan lain sebagainya. sedangkan e-learning dikhususkan untuk melayani mahasiswa untuk pengumpulan tugas, pembagian materi dari dosen, dan sharing informasi terkait mata kuliah yang dikontrak. Kedua layanan ini dikontrol oleh kelompok administrator setiap harinya. Jadi, ada peningkatan pelayanan yang diberikan seorang administrator berupa kemudahan akses informasi yang dapat diperoleh mahasiswa/i secara online dengan catatan memiliki akun di setiap layanan dalam hal ini akun pribadi e-learning dan akun pribadi Sim-UNIPA

Opini keempat, administrator yang bekerja di Universitas Papua memiliki peranan untuk mengatur hak akses di setiap layanan yang ditawarkan. Artinya, kelompok administrator perlu memastikan bahwa user yang mengakses layanan yang disediakan di UNIPA, benar-benar merupakan mahasiswa/i Universitas Papua. Hal ini bertujuan untuk menghindari pencurian data pribadi Universitas khususnya data-data pribadi mahasiswa/I Universitas Papua. Tugas berat ini tentu perlu didukung dengan skill seorang administrator serta tools yang digunakan sebagai penunjang kinerja.

Opini kelima dan yang paling terakhir menurut saya, administrator yang bekerja di Universitas Papua memberikan peningkatan pelayanan kepada seluruh mahasiswa/i berupa kemudahan hak akses layanan dimana saja dan kapan saja. Sederhananya, kita bisa melakukan interaksi melalui layanan yang disiapkan tanpa harus berada di lingkungan kampus. Kita tetap bisa melakukan aktivitas dengan akses dimana saja seperti dirumah, dicafe, dimasjid, dan lainnya. Ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang saya kira sangat berguna bagi kami mahasiswa/i Universitas Papua.

B.  Closing

Okay, itu tadi adalah opini singkat dari saya terkait peranan administrasi jaringan bagi peningkatan kualitas layanan kemahasiswaan universitas papua. Perlu diingat bahwa semua orang bebas beropini dengan sudut pandangnya masing-masing serta tidak ada opini yang salah dengan catatan tidak keluar dari topik yang dibahas. Mungkin itu saja dari saya, stay healty guys, kita ketemu lagi di blog-blog selanjutnya. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

Tidak ada komentar:

Project 3 Administrasi Sistem

OPINI MENGENAI PERAN PENTING   STORAGE GATEWAY PADA ERA 5.0 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo, kembali lagi dengan saya Ca...