PERANAN SEORANG
ADMINISTRATOR SISTEM BAGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KEMAHASISWAAN
UNIVERSITAS PAPUA
Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh. Kembali lagi dengan saya Candra Darmawan. Apa kabar kalian? Semoga
dalam keadaan baik-baik saja ya. Okay. Kali ini kita akan membahas salah satu
topik yang spesifikasinya mengacu pada administrator di Universitas Papua. Kita
akan membahas sinkronisasi peranan administrator jaringan di Universitas Papua
dengan kualitas pelayanan kemahasiswaan Universitas Papua. Dan tentu, ini
menjadi opini saya secara pribadi. Langsung saja kita masuk pada opini. Let’s check it!!!.
A.
Opini Pribadi Terkait Peranan Seorang Administrator
Sistem Bagi Peningkatan Kualitas Layanan Kemahasiswaan Universitas Papua
Opini saya yang pertama, saya melihat seorang
administrator di Universitas Papua memegang sebuah peranan penting atau vital
dalam mengontrol komunikasi atau interaksi seluruh mahasiswa/i di Universitas
Papua. Artinya bahwa, ada pergeseran dari model hubungan interaksi konvensional
menuju interaksi secara modern (menggunakan kemajuan teknologi). Menurut saya,
ini adalah peningkatan layanan yang diakibatkan oleh kinerja dari administrator
terlebih kinerjanya sangat berguna di masa pandemi ini yang menuntut komunikasi
secara online.
Opini kedua, administrator yang bekerja di
Universitas Papua memegang peranan penting dalam menjaga informasi yang
sifatnya privasi. Informasi disini berkaitan dengan akun yang berisi data
pribadi seluruh mahasiswa/i Universitas Papua. Sederhananya, data-data pribadi
seluruh mahasiswa/i Univesitas Papua, dikelola oleh administrator dan wajib
hukumnya untuk dijaga supaya terhindar dari kebocoran data. Untuk itu,
administrator diharapkan membuat salinan data yang bertujuan memback up data
bila dibutuhkan. Menurut saya, ini adalah sebuah peningkatan layanan dari
seorang administrator sehingga user dalam hal ini mahasiswa/i tidak perlu
khawatir terjadi kejadian yang tidak diinginkan.
Opini ketiga, administrator yang bekerja di
Universitas Papua memegang peranan penting dalam memberikan kenyamanan
mahasiswa/i untuk bisa menggunakan layanan penunjang aktivitas perkuliahan yang
tersedia. Contoh, layanan yang ditawarkan seperti E-learning dan Sim UNIPA.
Kedua layanan ini dikelola oleh kelompok administrator. Sim Unipa dikhususkan
untuk melayani mahasiswa dalam pemberian informasi akademik secara umum,
pengurusan KRS dan KHS, informasi mata kuliah yang ditawarkan setiap jurusan,
dan lain sebagainya. sedangkan e-learning dikhususkan untuk melayani mahasiswa
untuk pengumpulan tugas, pembagian materi dari dosen, dan sharing informasi
terkait mata kuliah yang dikontrak. Kedua layanan ini dikontrol oleh kelompok
administrator setiap harinya. Jadi, ada peningkatan pelayanan yang diberikan
seorang administrator berupa kemudahan akses informasi yang dapat diperoleh
mahasiswa/i secara online dengan catatan memiliki akun di setiap layanan dalam
hal ini akun pribadi e-learning dan akun pribadi Sim-UNIPA
Opini keempat, administrator yang bekerja di
Universitas Papua memiliki peranan untuk mengatur hak akses di setiap layanan
yang ditawarkan. Artinya, kelompok administrator perlu memastikan bahwa user
yang mengakses layanan yang disediakan di UNIPA, benar-benar merupakan
mahasiswa/i Universitas Papua. Hal ini bertujuan untuk menghindari pencurian
data pribadi Universitas khususnya data-data pribadi mahasiswa/I Universitas
Papua. Tugas berat ini tentu perlu didukung dengan skill seorang administrator
serta tools yang digunakan sebagai penunjang kinerja.
Opini kelima dan yang paling terakhir menurut saya,
administrator yang bekerja di Universitas Papua memberikan peningkatan
pelayanan kepada seluruh mahasiswa/i berupa kemudahan hak akses layanan dimana
saja dan kapan saja. Sederhananya, kita bisa melakukan interaksi melalui layanan
yang disiapkan tanpa harus berada di lingkungan kampus. Kita tetap bisa
melakukan aktivitas dengan akses dimana saja seperti dirumah, dicafe, dimasjid,
dan lainnya. Ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang saya kira sangat
berguna bagi kami mahasiswa/i Universitas Papua.
B.
Closing
Okay, itu tadi adalah opini singkat dari saya
terkait peranan administrasi jaringan bagi peningkatan kualitas layanan
kemahasiswaan universitas papua. Perlu diingat bahwa semua orang bebas beropini
dengan sudut pandangnya masing-masing serta tidak ada opini yang salah dengan
catatan tidak keluar dari topik yang dibahas. Mungkin itu saja dari saya, stay
healty guys, kita ketemu lagi di blog-blog selanjutnya. Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar